Rabu, 11 Februari 2015

Secuil Tentang Tiga Film Remaja Jadul 80an

Sekedar bernostalgia
Di era Industri film Indonesia waktu masih berjaya dulu, sekitar dekade 80an akhir - 90an awal,  ada beberapa film remaja yang sangat menarik. bagi yang pernah menyaksikan pasti sampai kini masih ingat dan terkenang dengan film sepertiCatatan Si boy, Lupus dan Balada Si Roy . ketiga film remaja itulah yang sangat di gandrungi di masa nya.
Di balik kesuksesan film itu ada kisah menarik tentang sejarahnya, asal usul di samping fenomenal. seperti film Catatan Si Boy yang berawal dari sandiwara radio di Prambors yang ketika itu masih menggunakan frekuensi AM . film yang di bintangi oleh Onky Alexander, Meriam Bellina, Ayu Azhari, Didi Petet, dan Dede Yusuf serta di sutradarai oleh Nasri Cheppy ini mampu menyedot antusiasme penonton yang rata-rata remaja muda. sekuel nya pun selalu di tunggu kehadirannya seperti saat masih dalam bentuk sandiwara radio.
Film yang menampilkan sosok cowok muda idaman yang gaul, rajin, sholeh, smart , perfect di perankan oleh Onky Alexander dengan baik sekali. bahkan ada yang mengira dan menanggap bahwa Onky itulah “Si Boy”. dan sampai film itu berakhir sekuelnya nyaris tak ada yang layak untuk memerankannya lagi. semua artis yang terlibat dalam film tersebut mendapat hati tersendiri. seperti contoh Dede yusuf yang di panggil dengan kendi (Andi) oleh si Emon ( Didi Petet). atau panggilan khas Emon kepada si Boy ” iihh..mas boy “ yang sampai kini pun kadang di tirukan oleh Aziz Gagap di Ovj.
Lain lagi dengan film Lupus . film ini bermula dari cerita novel fiksi besutan Hilman Hariwijaya a.k.a Anton Hilman tahun 1986. film ini kocak dengan gaya ciri khas anak muda gaul 80an. gaya nya sedikit urakan . bila di sekolah dtak pernah rapi karena selalu bajunya di keluarkan plus di gulung lengannya serta rambut jambul agak gondrong dan ciri khasnya adalah makan permen karet.
Dengan beberapa seri atau sekuel nya, film ini juga sangat mampu menarik penonton. di bintangi oleh alm Ryan Hidayat serta yang lainnya.seperti ingin mengulang kesuksesan novel dan film lupus , beberapa kali sempat ada sinetronnya yang tayang. dan di tahun 2013 lalu juga hadir film lupus tersebut .
Kehidupan seputar muda remaja memang selalu menarik untuk di simak. dalam filmBalada Si Roy kental sekali dengan petualangan seorang pemuda yang bernama Roy. film ini juga beranjak dari sebuah novel remaja karya Gola Gong. sang avonturir muda yang suka dengan tantangan. mendaki, climbing, terjun payung, gantole dan lain lain. ini novel karya Gola Gong
Sedangkan dalam film Balada Si Roy , peran utama si juga di perankan oleh alm Ryan Hidayat serta almh Nike Ardilla.
Itulah sedikit cerita di balik film remaja tempo dulu . jaman sudah berubah, kehidupan remaja juga sudah berubah. sekarang terganti oleh film AADC ( Ada Apa Dengan Cinta) dll. sedkit pesan untuk para produser film, buat lah film yang berkualitas . dan untuk para novelis , buatlah novel yang fenomenal . selamat berkreasi … maju terus perfilman kita.
.
SALAM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar